Google AMP: Inikah Masa Depan Pengembangan Website?

Sekitar Setahun yang lalu Accelerated Mobile Page diluncurkan. Google mengajak setiap pemilik website untuk menggunakan teknologi tersebut, lalu mengapa hal ini menjadi penting?

Accelerated Mobile Page adalah open project yang dibuat Google untuk Mempermudah pengunjung mengakses website dengan meningkatkan kecepatan loading website untuk meningkatkan kecepatan muatan situs.

Ketika loading situs lebih lambat walaupun hanya dalam hitungan detik, website tersebut berpotensi kehilangan pembacanya (1). Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Keberadaan AMP, hal ini sangatlah menguntungkan pihak yang ingin menunjukkan banyak konten, iklan, gambar dan media lainnya.

Sebagai open project, Google berkolaborasi dengan developer dan platform yang cukup dikenal. Halaman AMP dibangun dengan 3 komponen inti yaitu HTML, JS, dan Google AMP Cache (2). Sehingga memudahkan dalam pengembangan website secara custom.

AMP bekerja dengan memuat situs beserta konten dibawah 10 detik. Saat pembaca membuka situs anda, konten anda termuat secara bertahap. Maka saat pembaca meng-scroll situs anda, konten anda sudah tampil dengan baik.

Tidak ada konten yang temuat setengah dimana dapat menghilangkan minat pembaca saat meng-scroll halaman.  Kebaikan lainnya dalam implementasi AMP adalah konten utama dapat bersinergi dengan user experience, iklan dan media lainnya. Jadi,konten atau bisnis anda tetap tampil bersamaan dengan media lain.

Kedepannya Google akan mensortir website yang akan muncul pada hasil pencariannya dengan mengutamakan situs yang telah mengimplementasikan teknologi AMP (3). Situs dengan AMP akan di beri rating tinggi, karena telah memenuhi standar Google seperti website speed, mobile experiences, serta content delivery (4) .

Meskipun Google masih menampilkan website yang belum menggunakan teknologi AMP pada hasil pencariannya, tidak ada salahnya jika Anda memiliki website bisnis atau personal untuk mengimplementasikan teknologi AMP agar situs anda mendapat rating yang baik dari Google serta sering ditampilkan pada hasil pencariannya (tentu  dalam lingkup keyword).

Oleh karena itu sangat disarankan untuk Anda mengimplementasikan teknologi AMP untuk website Anda. Ketika situs lebih cepat dibuka maka lebih banyak konten dan waktu yang digunakan pembaca untuk melihat situs kita. Bukankah itu hal yang diinginkan setiap pemilik situs atau bisnis?

___

  1. AMP Project
  2. Introducing the Accelerated Mobile Pages Project, for a faster, open mobile web
  3. 5 Marketing Trends for Small Businesses in 2017
  4. What You Need To Know About Google AMP
WhatsApp chat Chat with Us