Anda Sudah Memiliki E-Commerce?

Setiap hari raya merupakan waktu menyenangkan untuk dirayakan bersama keluarga maupun orang terdekat. Salah satu hal terbesar di Indonesia yaitu Ramadan dan Lebaran menjadi hari raya yang selalu dinanti serta dinikmati bersama. Untuk melengkapi kebersamaan, kegiatan belanja peralatan rumah, masak, pakaian, hingga elektronik menjadi sebuah kepentingan.

Meskipun masyarakat masih membeli barang secara langsung, namun pembelian secara online juga meningkat. Sebab membeli barang secara online lebih mudah, menghindari macet, desak-desakan, bahkan lebih murah.

Ternyata penjualan online masih tinggi. Perusahaan e-commerce seperti Lazada, Elevenia, dan Buka Lapak melihat bagaimana perilaku konsumen berbelanja.

Menurut keterangan dari ketiga e-commerce diketahui pembelian meningkat saat hari mendekati lebaran. 1000 responden Lazada menunjukkan 85% responden memilih kebutuhan rumah tangga untuk Idul Fitri secara online.

Responden yang membeli adalah masyarakat urban yang biasa membeli secara online dua kali. Sementara 50% dari THR berbelanja secara online dan 72% masyarakat mengalokasikan anggaran khusus untuk berbelanja online selama ramadhan. dan minimal 10 barang saat berbelanja.

Konsumen elevenia terlihat memiliki aktivitas tinggi saat ngabuburit pukul 14.00-17.00. mereka memprediksi bahwa menjelang lebaran, transaksi online menurun dan hingga 50% memasuki mudik.

E-commerce Buka Lapak volume perdagangan meningkat selama tiga pekan Ramadan sebesar 30%. diprediksi juga bahwa angka transaksi meningkat mendekati lebaran dapat mencapai 50-100%

Belanja online lebih banyak dilakukan sebab pembelian melalui online lebih mudah dan simpel. Selain itu, membeli via online bisa lebih murah sebab banyak promo dan diskon lebih banyak. Meskipun belanja online cukup tinggi, penjualan secara offline juga tinggi.

Sebab penjual offline merupakan penyalur barang online. malah, sosial media atau online menjadi perantara bagi mereka distributor untuk menginfokan stok barang yang dapat dijual kemudian nanti oleh penjual retail online.

Berhubungan dengan penjualan online, pembuatan kartu kredit pun meningkat disertai banyak promo dan cicilan dari kartu kredit.

Hal ini menjadi kesempatan besar peritel online untuk bekerjasama dengan kartu kredit untuk melakukan promosi seperti cicilan maupun diskon. diketahui ramadan lalu, promo kartu kredit cicilan meningkat 1,6 kali dan promo kartu kredit sebanyak 1,2 kali lipat. penjualan online kembali meningkat 35%.

Produk fashion masih tinggi peminatnya diikuti dengan home living dan produk elektronik, mainan, dan game. di posisi terakhir produk kesehatan dan kecantikan.

Menuju lebaran tahun ini, penjualan makin signifikan, dari 50%-100% kembali lagi dari jenis produknya. Tetapi seperti biasa perilaku belanja pasti sangat tinggi saat ramadan dalam rangka membeli kebutuhan ramadan Jadi, sudahkah anda memutuskan?

Mulai berjualan online sekarang, via marketplace atau ingin membuat website ecommerce untuk brand anda sendiri? Kami akan membantu agar anda dapat fokus pada bisnis utama anda, tanpa harus disibukkan dengan hal teknis dan online presence.

Sumber

Tertarik Membuat Website dengan kami?

WhatsApp chat Chat with Us